Memahami 5 Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Emas adalah salah satu barang yang mahal dan memiliki nilai jual yang tinggi. Tak heran jika investasi emas adalah hal yang amat menggiurkan untuk masa depan. Pada dasarnya investasi emas memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan investasi lainya seperti tanah atau juga uang. Nah bagi anda yang masih pemula, wajib bagi anda untuk tahu cara investasi emas bagi pemula. Untuk itu mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Tips Jitu Investasi Emas Bagi Pemula

1. Melatih Membeli emas

Ketika anda baru saja mendapatkan gaji, anda bisa menyisihkan uang untuk membel emas. Tabunglah uang tersebut untuk kemudian dibelikan emas. Anda bisa memulai membeli emas dari kisaran berat 1 gram hingga 2 gram emas saja. Dengan begitu uang yang semulanya disisihkan untuk ditabung, nilainya akan semakin stabil ketika berubah menjadi wujud emas.

2. Memantau Harga Emas Secara Berkala

Wajib bagi anda untuk selalu melakukan pengamatan harga emas yang ada di pasaran. Harga emas akan selalu naik dan turun setiap harinya. Namun meskipun harga emas akan selalu naik setiap harinya, anda wajib untuk selalu menatau harga emas yang ada di pasaran melalui media sosial atau juga toko konvensional yang ada di pasaran.

Namun jika melirik jual beli yang berbasis apliaksi digital, cara investasi emas bagi pemula ini mengharuskan anda untuk membaca grafik harga emas. Sehingga anda akan memiliki waktu banyak untuk mengatur strategi untuk menjual atau membeli emas. Dengan begitu anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Maka penting bagi pemula untuk selalu memantau harga emas yang ada di pasaran.

3. Tidak Khawatir Pajak PPh

Hal ini berkaitan dengan keputusan pajak direktoral jenderal yang menyatakan pembelian emas baingan tidak perlu dikhawatirkan. Harga emas yang anda beli sudah termasuk harga pajak yang dibebankan kepada perusahaan. Namun bagi anda yang meiliki NPWP, akan dikenakan pajak sebesar 0,445 persen. Sementara bagi yang tidak memiliki NPWP akan dikenakan pajak sebesar 0,9 per gramnya.

4. Melakukan Transaksi Jual Beli di Tempat Terpercaya

Apabila anda ingin melakukan jual beli emas secara konvensional, anda harus membawa uang tunai untuk membeli emas di sebuah toko. Anda harus memastikan jika tempat atau toko yang menjual emas merupakan tempat yang terpercaya. Hal ini adalah cara investasi emas bagi pemula agar anda terhindar dari toko emas yang abal abal. Alih alih mendapatkan keuntungan, anda justru akan dirugikan karena menjual emas di tempat yang tidak terpercaya.

Dengan resiko membeli emas secara konvensional, bagi pemula atau generasi mudh untuk menggunakan aplikasi jual beli emas fisik yang berbasis digital. Investasi emas memang sangat menguntungkan dan merupakan investasi yang menguntungkan. Anda bisa melakukan investasi emas sebagai tabungan masa depan dan tidak beresiko terkait keamanan.

5. Gunakna Investasi Untuk Kebutuhan Masa Depan

Investasi emas memang merupakan cara investasi jangka panjang. Untuk itu bagi para pemula harus mulai menetapkan tujuan investasinya. Berbagai kebutuhan masa depan seperti membangun rumah, menabung untuk menikah sampai tabungan hari tua bisa dimanfaatkan melalui investasi emas. Cara investasi emas bagi pemula ini sangat baik untuk kebutuhan masa depan anda dan keluarga.

Itulah beberapa hal yang harus anda tahu sebelum melakukan investasi emas untuk masa depan. Ada baiknya anda melakukan investasi emas mulai dari sekarang dan menabung sejak dini mulai dari pembelian emas sebesar 1 atau 2 gram. Karena harga emas tidak akan turun, anda tidak perlu khawatir untuk melakukan investasi emas untuk jangka panjang.

Leave a Comment