Mempersiapkan Anggaran Biaya Pernikahan

Pernikahan merupakan moment sakral yang seringkali ditunggu oleh banyak orang. Sayangnya, pelaksanaan pernikahan seringkali terhambat karena biaya untuk pernikahan yang tergolong cukup besar. Beberapa orang bahkan harus menabung selama setahun untuk mempersiapkan pernikahan. Sebenarnya anda bisa menekan beberapa pengeluaran jika mengetahui contoh rincian anggaran biaya pernikahan. Berikut ini rincian anggaran biaya yang harus anda tahu.

Rincian Biaya yang Dikeluarkan untuk Resepsi Pernikahan

1. Biaya Sewa Gedung

Budget yang cukup besar dibutuhkan untuk biaya sewa gedung. Apalagi jika gedung tersebut memiliki kapasitas yang besar dan tergolong cukup mewah. Anda bisa mengakali biaya penyewaan gedung dengan cara menetapkan jumlah undangan yang tidak terlalu banyak. Biaya sewa gedung memiliki kisaran Rp 42 juta. Jika memang rumah anda memungkinkan untuk menampung tamu undangan, maka anda bisa menggelar acara pernikahan di rumah saja.

2. Biaya Rias Pengantin

Biaya rias pengantin menjadi salah satu komponen yang cukup penting. Di hari yang spesial, setiap orang ingin memiliki tampilan yang berbeda dari biasanya. Selain rias pengantin, anda juga perlu memikirkan busana yang nantinya akan dipakai. Anda bisa memilih rias pengantin yang sekalian menyewakan baju pengantin agar pengeluaran lebih hemat. Biaya untuk rias pengantin dan baju ini biasanya dipatok mulai dari Rp 6 juta.

3. Biaya Katering

Contoh rincian anggaran biaya pernikahan selanjutnya adalah biaya katering. Ketika anda mengundang tamu untuk mendatangi acara pernikahan, maka sebaiknya berkan jamuan yang pantas dengan pemilihan jasa katering yang tepat. Salah memilih jasa katering bisa memberikan kesan yang buruk terhadap anda dan keluarga. Biaya katering sangat beragam tergantung dari jenis makanan yag dipilih. Untuk perhitungan perporsi ada yang mematok Rp 40 ribu .

4. Biaya Dekorasi

Jika anda memilih untuk meggelar acara di rumah, maka akan ada biaya tambahan untuk dekorasi. Berbeda dengan sewa gedung yang biasanya disedialan satu paket oleh pihak pemilik gedung. Dekorasi biasanya sangat beragam dan memiliki tema yang berbeda-beda, Harga dekorasi ini dipatok mulai dari Rp 5 juta. Contoh rincian anggaran biaya pernikahan biasanya disesuaikan dengan selera dari calon pengantin.

5. Biaya Dokumentasi

Karena merupakan acara yang cukup sakral dan penting, setiap orang pastinya ingin mengabadikan moment pernikahan. Ada banyak jasa dokumentasi foto untuk acara pernikahan yang menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Biaya untuk anggaran yang satu ini dipatok mulai dari Rp 1,5 juta. Agar mendapatkan biaya yang lebih murah, anda bisa memilih jasa yang sedang menawarkan promo.

7. Biaya Souvenir dan Undangan

Salah satu anggaran yang tergolong penting adalah souvenir dan undangan. Biaya yang dibutuhkan untuk mencetak undangan, tergantung dari berapa jumlah undangan yang anda butuhkan dan bagaiman konsep undangan yang diinginkan. Semakin mewah undangan yang akan dicetak, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak. Sedangkan untuk souvenir anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Saat ini banyak orang yang menjual souvenir pernikahan yang praktis. Anda bisa menentukan jenis souvenir yang diinginkan untuk menentukan berapa anggaran yang harus dikeluarkan. Untuk contoh rincian anggaran biaya pernikahan undangan dan souveir, anda bisa menetapkan budget minimal Rp 5 juta.

Itulah beberapa rincian biaya pernikahan yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk merencanakan pernikahan. Sebenarnya besar biaya pernikahan tergatung dari seberapa mewah anda inging menggelar acara pernikahan tersebut. Jika budget minim, anda bisa menekan biaya pernikahan dengan membuat konsep pernikahan yang lebih sederhana. Melaksanakan acara pernikahan di rumah dirasa lebih bisa meminimalisir budget pernikahan.

Leave a Comment