5 Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Berkendara Saat Hujan

Berkendara saat hujan menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Berkendara disaat hujan akan mengurangi performa motor kita dan juga jarak pandang. Maka dari itu jika kita berkendara saat hujan turun kewaspadaan kita harus ditingkatkan. Jalan yang licin dan juga lubang jalan yang samar menjadi salah hal yang membahayakan ketika berkendara disaat hujan. Kita harus mengetahui tips berkendara motor saat hujan agar kita tetap menjaga keselamatan di jalan raya. Berkendara disaat hujan cenderung berbahaya sehingga kita harus ekstra berhati-hati di jalanan. Meningkatkan kewaspadaan di jalan raya ketika sedang hujan menjadi hal penting untuk dilakukan. Keselamatan dari diri kita dan orang lain di jalanan menjadi prioritas utama semua pengendara kendaraan bermotor. Sebagai pengguna kendaan roda dua, hujan juga menjadi momok tersendiri karena motor menjadi lebih sulit untuk dikendalikan.

Anda sebaiknya mengetahui kiat-kiat berkendara motor saat hujan agar kita selalu waspada di jalan raya. Berikut adalah beberapa tips berkendara motor saat hujan di jalan raya yang wajib diperhatikan semua pengguna jalan agar tetap selamat ketika melaju di jalan raya saat hujan.

1. Menjaga jarak aman

Hujan dapat mengurangi jarak pandang kita jadi sebaiknya kita tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan kita. disaat hujan banyak sekali kejadian diluar perkiraan kita. Berkendara saat hujan berarti menjaga jarak aman antara kendaraan satu dan lainnya. Selain itu, menjaga jarak aman juga menjadi salah satu hal penting terutama jika sewaktu-waktu kita harus menlakukan rem mendadak.

2. Memastikan rem bekerja dengan baik

Rem motor merupakan bagian yang penting untuk keselamatan. Kita harus menjaga rem berfungsi dengan baik terutama disaat hujan. Saat hujan kampas rem akan menjadi dingin dan juga lebih licin sehingga pengereman memakan waktu lebih lama. Jika kampas rem kita sudah aus maka pengereman disaat hujan akan terkendala dan lebih parahnya rem bisa tidak berfungsi dengan baik. Jika hal tersebut terjadi tidak memungkiri juga akan terjadi kecelakaan yang sangat membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lain.

3. Memastikan lampu menyala

Memastikan lampu menyala dengan baik ketika sedang hujan adalah hal penting untuk dilakukan. Disaat hujan jarak pandang akan terganggu dan juga lingkungan sekitar akan menjadi lebih gelap. Fungsi lampu sangat dibutuhkan ketika sedang berkendara di dalam keadaan cuaca hujan. Kita juga lebih mudah untuk melihat keadaan jalanan jika lampu dapat menerangi dengan baik. Selain itu, lampu juga dapat menjadi tanda bagi pengendara lain untuk dapat mengetahui lokasi kita.

4. Memastikan ban motor tidak botak

Ban motor adalah satu-satunya bagian yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan. Menjaga kelayakan ban motor menjadi kunci keselamatan berkendara. Disaat keadaan hujan jalanan akan semakin licin. Jika ban motor kita suudah botak tentunya akan sangat mengganggu ketika kita berkendara. Hal tersebut bisa membuat kita mudah terjatuh ketika sedang berkendara.

5. Jangan berkendara terlalu kencang

Keadaan hujan akan sangat berbahaya jika kita memacu kendaraan dengan kencang. Disaat hujan kita akan lebih sulit untuk mengendalikan laju motor. Kita tidak boleh memacu kendaraan terlalu kencang ketika hujan karena akan sangat berbahaya. Medan yang semakin licin dan juga beberapa fungsi dari bagian kendaraan akan menurun ketika dipacu saat hujan. Selain itu, berkendara kencang saat hujan juga membuat kita kurang memperhatikan jalan terutama untuk melihat adanya lubang. Karena alasan tersebut, sebaiknya berkendara kencang saat hujan dihindari.

Leave a Comment