Beberapa Jenis Bir yang Ada di Pasaran

Siapa yang belum mengenal minuman bir? Salah satu jenis bir yang cukup populer di pasaran adalah bir hitam Guinness. Tentu saja setiap bir yang ada memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga penikmat dapat memilih sesuai dengan kesukaan mereka. Akan tetapi, sudah tahukah Anda mengenai jenis-jenis bir yang ada di pasaran?

Jenis Bir yang Perlu Anda Ketahui
Seperti yang diketahui, bir merupakan salah satu minuman beralkohol yang dibuat dengan proses fermentasi. Adapun proses yang dilewati tersebut tidak melalui penyulingan. Dapat dikatakan bahwa bir merupakan minuman terfavorit kedua setelah kopi dan juga teh. Lantas, apa saja jenis-jenisnya? Berikut diantaranya yang bisa Anda ketahui:
1. Lager
Merupakan salah satu jenis bir yang dibuat dengan fermentasi ragi. Fermentasi ragi tersebut berada di bawah sehingga tidak akan mengambang. Adapun jenis bir yang satu ini perlu dibuat pada temperatur rendah. Pasalnya, dalam pembuatannya diperlukan proses fermentasi yang cukup lama jika dibandingkan dengan jenis bir yang lain.
Untuk pembuatannya sendiri memakan waktu sekitar beberapa pekan sampai paling lama adalah beberapa bulan. Lantas, seperti apa rasanya? Bir jenis ini memiliki rasa yang sedikit getir. Akan tetapi rasanya sendiri tidak terlalu pahit. Pada umumnya, bir yang satu ini memiliki warna keemasan. Akan tetapi, apabila lager yang ada di Eropa memiliki warna yang cenderung gelap.
2. Ale
Bir jenis ini umumnya dibuat dengan bahan utamanya yakni sari malt barley. Seperti bir pada umumnya, proses pembuatannya nanti dilakukan dengan cara fermentasi memakai suhu dengan temperatur yang cukup tinggi. Adapun keberadaan minuman tersebut sudah cukup populer terutama di era tahun 80-an.
Terlebih minuman yang satu ini pada saat itu juga sangat digilai oleh para perempuan sekalipun sehingga tidak hanya pria saja. Untuk rasanya sendiri memang agak sedikit manis. Kemudian bir yang satu ini memiliki aroma buah yang cukup kuat. Adapun warnanya sedikit gelap jika dibandingkan dengan lager.
3. Pilsner
Merupakan salah satu jenis bir yang terbuat dari malt atau jelai. Proses yang dilakukan adalah dengan merendam bahan tersebut ke dalam air yang sudah dicampur dengan ragi. Adapun proses fermentasi tersebut perlu dilakukan memakai suhu yang sangat tinggi. Minuman jenis ini sendiri pertama kali dibuat di Plzen, Ceko tepatnya pada tahun 1842. Untuk warnanya sendiri yakni cenderung kuning pucat. Sementara rasanya juga agak sedikit pahit dibanding bir lainnya.
4. Stout
Memiliki julukan bir hitam tidak lain karena warnanya yang cenderung hitam pekat. Sesuai dengan warna yang diciptakan tersebut, bir yang satu ini mempunyai warna yang cukup lumayan pahit. Tidak heran jika minuman jenis ini lebih disukai oleh pria dibandingkan dengan wanita. Minuman ini sendiri sudah dibuat pertama kali di Inggris dengan bahan malted barley yang dipanggang sampai benar-benar matang.
5. Cider
Merupakan jenis bir yang cukup terkenal berkat rasa apelnya yang cenderung manis. Bir yang satu ini juga memiliki aroma apel yang sangat khas. Adapun bahan utama pembuatannya yakni sari buah apel yang kemudian difermentasikan dengan khamir. Proses fermentasi tersebut nantinya akan dilakukan dengan suhu yang cukup rendah.
Proses fermentasi ini juga akan dilakukan selama beberapa hari. Umumnya, bir jenis ini mengandung kadar alkohol yang jauh lebih rendah. Yakni hanya sekitar 6-8% saja. Penggunaannya sendiri tidak hanya sekedar untuk konsumsi akan tetapi juga dapat digunakan untuk keperluan memasak.

Itulah beberapa jenis bir yang ada di pasaran. Apabila Anda sudah terbiasa minum bir, maka ada baiknya untuk memilih bir dengan kualitas terbaik. Salah satu yang direkomendasikan adalah bir hitam Guinness yang memang sampai saat ini sudah dikenal oleh banyak orang.

Leave a Comment