Cara Menabung untuk Beli Rumah dalam Waktu Relatif Singkat

Ketika sudah memiliki penghasilan yang tetap dan pekerjaan yang bagus, kebanyakan orang mulai berfikir untuk membeli rumah. Apalagi jika kondisi usia sudah cukup matang dan sudah memiliki keluarga, memiliki rumah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Membeli rumah bukan hal yang tidak mungkin meskipun anda memiliki gaji yang tidak terlalu besar. Berikut ini cara menabung untuk beli rumah yang bisa anda terapkan.

Tips Sukses Menabung untuk Membeli Rumah

1. Menyusun Rencana Keungan Secara Rinci

Banyak orang yang tidak menyadari rincian pengeluaran setiap bulan dan tahu-tahu gaji sebulan sangat cepat habis. Hal ini seringkali terjadi ketika mereka tidak memiliki rencana keuangan dengan baik. Sehingga ketika menerima gaji, dengan seenaknya seseorang mengeluarkan uang meskipun untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Hal ini bisa menyebabkan pendapatan habis tanpa tujuan yang jelas.

Dengan menyusun rencana keuangan, maka anda bisa lebih fokus untuk mencapainya, sebagaimana dengan keinginan uuntuk membeli rumah ini. Anda bisa merencanakan kapan seharusnya keinginan tersebut bisa dicapai dengan gaji yang saat ini anda dapatkan. Sehingga keinginan untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan bisa disingkirkan terlebih dahulu.

2. Memnyediakan dua rekening yang Berbeda

Cara menabung untuk beli rumah bisa dilakukan dengan menyediakan dua rekening yang berbeda. Adanya rekening yang berbeda ini akan membantu anda untuk mengalokasikan pendapatan secara tepat. Rekening satu khusu untuk pencairan gaji dan pengeluaran sehari-hari. Sedangkan rekening yang lain dikhususkan untuk menabung . Anda harus menyisihkan uang yang akan ditabung lebih awal sebelum digunakan untuk kebutuhan yang lain.

3. Menetapkan Target Tabungan

Hal yang tak kalah penting agar membeli rumah impian bisa dicapai dengan mudah, adalah menetapkan target tabungan. Perhitungkan secara tepat kapan anda ingin membeli rumah dan berapa nominal yaang harus ditabung setiap bulannya. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki target harian jika memang punya penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama. Dengan adanya target tersebut, anda tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

4. Mencoba Berinvetasi

Saat ini banyak cara berinvestasi yang bisa anda terapkan dengan uang yang minim. Tidak harus membeli saham yang besar agar anda bisa berinvestasi. Beberapa jenis instrumen investasi yang bisa anda pilih antara lain emas, deposito dan reksadana. Ketika jenis investasi ini sangat minim resiko sehingga aman bagi para pemula. Cara menabung untuk beli rumah dengan cara investasi cukup efektif karena bisa mendatangkan pendapatan pasif.

5. Hindari untuk Meminjam Uang

Salah satu hal yang bisa menghambat anda untuk membeli rumah impian adalah memiliki hutang. Dorongan untuk meminjam uang biasanya disebabkan karena kurangnya kecerdasan dalam mengelola keuangan. Selain itu, gaya hidup yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan pengeluaran membengkak yang akhirnya mendorong seseorang untuk berhutang. Adanya hutang, justru akan memnghambat tujuan membeli rumah karena tidak bisa menabung.

6. Menerapkan Hidup yang Lebih Hemat

Mungkin terkesan klasik dan sudah biasa, namun cara ini cukup ampuh agar anda bisa menabung lebih banyak lagi. Kebiasaan hemat bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti berjalan kaki jika tempat kerja cukup dekat, membawa bekal dari rumah. Cara menabung untuk beli rumah akan lebih mudah anda terapkan jika sudah terbiasa dengan pola hidup hemat.

Keinginan untuk membeli rumah ternyata bisa tercapai dengan mudah asalkan ada komitmen yang kuat. Banyak orang kesulitan menabung untuk membeli rumah, karena sudah terbiasa dengan gaya hidup yang mewah. Sehingga gaji lebih banyak digunakan untuk kegiatan yang kurang perlu seperti selalu membeli fashion yang sedang tren atau membeli smartphone keluaran terbaru, padahal sebenarnya barang lama masih layak untuk digunakan.

Leave a Comment