Jangan Asal Pilih, Berikut 5 Ciri Ciri Masker Covid yang Bagus

Masker menjadi salah satu alat yang sangat wajib digunakan bagi anda untuk bepergian selama pandemi. Maker menjadi salah satu pelindung utama bagi anda yang sedang tidak berada di dalam rumah. Oleh karena itu memilih masker yang sesuai menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Berikut adalah 5 tips memilih masker covid yang bagus.

5 Ciri Ciri Masker yang Baik

1. Kain Masker yang Tebal dan Sesuai dengan Ketentuan

Masker memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari virus Covid 19. Dengan menggunakan masker maka bagi anda yang sedang sakit tidak menularkan virusnya ke orang yang ada di sekitar anda. Melihat pentingnya fungsi ini maka masker yang anda gunakan harus tebal sehingga dapat meminimalisir masuk atau keluarnya virus.

Janganlah anda menggunakan masker yang tipis dan tidak sesuai dengan ketentuan karena masker yang kainnya tipis tidak dapat menghalau virus yang tersebar di udara. Masker yang tipis akan menyebabkan virus tersebut masih dapat masuk dan melewati pori pori kain masker. Oleh karena itu penggunaannya sebagai pelindung menjadi tidak efektif dan efisien.

2. Mudah dan Nyaman Digunakan

Masker covid yang bagus adalah masker yang nyaman saat anda gunakan. Apabila anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dalam durasi yang cukup panjang maka masker yang nyaman digunakan adalah salah satu kebutuhan penting. Anda tentu tidak ingin jika selama anda beraktivitas malah terganggu dengan masker yang anda gunakan.

Saat ini terdapat berbagai jenis masker. Misalnya bagi anda yang berhijab maka pilihlah masker yang sesuai yaitu jenis masker yang memiliki pengait di belakang kepala sehingga memudahkan anda saat penggunaannya. Selain itu pilihlah jenis masker yang ukurannya sesuai dengan wajah anda agar saat digunakan terasa lebih nyaman dan tidak mengganggu.

3. Pengait Telinga Tidak Terlalu Longgar

Memilih masker dengan pengait telinga yang tidak terlalu longgar adalah salah satu tips memilih masker covid yang bagus. Dalam penggunaanya, masker digunakan dengan cara mengaitkannya di telinga sehingga masker dapat terpasang dengan baik. Jika anda membeli masker yang pengaitnya terlalu longgar maka masker akan melorot saat digunakan.

Masker harus menutupi bagian mulut dan hidung. Namun apabila pengait masker yang anda gunakan terlalu longgar maka masker tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Masker akan mudah lepas dan memberikan celah di sekitar mulut dan hidung yang padahal hal tersebut tidak boleh terjadi. Masker harus digunakan dengan benar agar fungsinya dapat bekerja dengan baik.

4. Tidak Berlubang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masker harus tidak bercelah dan dapat menutupi bagian hidung dan mulut. Saat ini terdapat berbagai jenis masker yang beredar di pasaran. Bagi produsen masker terutama masker rumahan seringkali kurang memperhatikan syarat masker yang baik dan hanya berpatokan pada segi keindahan dan fashion.

5. Sesuaikan Kualitas Bahan dan Harga

Masker kain menjadi salah satu jenis masker yang lebih hemat dibandingkan masker sekali pakai. Kain yang adem namun tebal menjadi pilihan yang cocok dan dapat anda gunakan. Pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah harga masker yang dijual. Masker covid yang bagus dan cocok untuk dibeli adalah masker yang harga dan kualitasnya sesuai.

Demikianlah 5 tips memilih masker yang baik. Selalu gunakan masker yang sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Terapkan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan untuk mencegah penularan Covid 19. Patuhi anjuran di rumah saja dan selalu tetapkan protokol kesehatan dan social distancing agar terhindar dari infeksi covid.

Leave a Comment