Ini Solusi Kulkas Kena Banjir

Musim hujan mendatangkan keberkahan. Namun disisi lain khususnya kota besar yang padat penduduk bencana datang tiba-tiba tanpa permisi. Umumnya berupa banjir bandang yang menggenangi rumah penduduk hingga ketinggian tertentu. Hingga segala barang yang ada di dalam rumah ikut terendam. Termasuk barang elektronik seperti kulkas ikut jadi korban. Meskipun kita memiliki pilihan kulkas terbaik di rumah. Kalau banjir datang kulkas tidak mungkin dibawa serta untuk menyelamatkan diri. Mau tidak mau sang pemilik mengikhlaskan kalau terpapar air selama sekian waktu tertentu.

Saat air telah surut para pemilik rumah datang kembali. Mereka beramai-ramai membersihkan rumah tinggalnya. Termasuk memeriksa barang elektronik mereka. Salah satu barang yang menjadi momok tersendiri ketika proses pembersihan rumah akibat banjir adalah kulkas. Genangan air biasanya dapat masuk ke dalam kulkas serta mesin yang ada di bagian belakang. Kondisi seperti itu jangan sampai menimbulkan kepanikan. Ketika Anda memahami celahnya, proses bersih-bersih kulkas bisa lancar. Peluang untuk dapat hidup kembali besar.

Kalau ingin kulkas bisa normal lagi beroperasi. Ada beberapa cara mudah yang dilakukan. Mulai dari non aktifkan dahulu kulkas dengan memutuskan segera aliran listrik yang tersambung ke benda itu. Keamanan lebih terjamin dan Anda bebas membersihkan tiap bagian kulkas. Langkah selanjutnya periksa sisi dalam dari kulkas. Dengan mengeluarkan rak yang ada didalamnya. Cuci bersih dengan air hangat, sabun dan cairan anti bakteri. Semua bahan tersebut ampuh membunuh kuman atau mikroba berbahaya akibat genangan air banjir. Usapkan secara perlahan dan merata. Pastikan rak benar-benar bersih tanpa ada bau sedikitpun. Jemur sampai kering, lalu gosok perlahan memakai kain lap yang lembut.

Tahap selanjutnya bagian dalam kulkas yang tidak ada raknya dibersihkan. Caranya mudah segera siapkan air hangat, serta lap dengan bahan lembut untuk menjaga supaya tidak terjadi goresan. Air hangat berperan penting dalam pembersihan sisa endapan atau lumpur yang terbawa air banjir. Jangan lupa gunakan cairan anti bakteri. Sehingga kondisi dalam kulkas kembali higienis. Setelah area ini bersih sempurna. Anda dapat segera beranjak kembali ke bagian wadah pengumpul. Itu penting untuk mengetahui apakah tidak ada sumbatan pada saluran tersebut. Cara memeriksanya cukup dengan bantuan air hangat yang dituangkan dalam wadah tersebut. Lalu amati apakah air mampu mengalir atau sebaliknya.

Biasanya ada endapan pada area tersebut. Maka harus dikeluarkan sampai tuntas. Ada beberapa jenis kulkas saat dituangkan air hangat belum bisa terlihat proses mengalirnya. Maka opsi memakai air panas dijalankan. Pilihan ini aman digunakan, tidak membuat rusak atau pecah wadah penampungan. Kalau pakai air masih belum menunjukkan hasil. Ganti dengan kawat kecil panjang ukuran minimal satu setengah meter. Kawatnya pakai yang lunak. Biasanya dipakai untuk kawat persneling.

Kawat ini efektif untuk mengeluarkan endapan yang ada. Cara pakainya mudah,kawat tersebut masukkan dalam saluran pembuangan. Sodoklah secara perlahan, sertakan juga air panas, lakukan bergantian dan berulang. Supaya semua kotoran keluar tanpa ada hambatan. Ketika dilihat sudah tiada endapan, Anda segera menghentikannya. Bergantilah untuk mengeringkan kompresor di bawah sinar matahari atau pakai pengering rambut.

Kulkas yang telah dibersihkan, jangan terburu-buru dipakai. Tunggu sampai kering sempurna. Supaya tidak ada bahaya yang mengancam jiwa berupa konsleting. Tentu saja Anda tidak mau bukan kalau pilihan kulkas terbaik yang dimiliki bermasalah lagi? Bersabar selama beberapa hari mampu membuat kulkas kembali beroperasi normal. Anda tidak perlu keluar uang untuk perawatan pasca banjir. Langkah diatas mampu menghemat anggaran.

Leave a Comment