Segudang Manfaat Dari Sambal Pedas Untuk Kesehatan

Siapa diantara para pembaca yang tidak suka dengan makanan pedas? Yuk mulai hari ini, belajarlah untuk suka dengan makanan pedas atau sambal pedas karena ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Hampir sebagian masyarakat Indonesia sangat menyukai sambal yang pedas. Bahkan sering merasa kurang rasanya apabila makan tidak dicampur dengan sambal yang konon katanya akan membuat rasanya semakin enak dan menggugah selera.

Selain itu, sambal dengan rasa super pedas juga memberikan dampak yang positig untuk kesehatan. Rasa pedas tidak hanya menambah nafsu makan akan tetapi juga bisa mengatasi berbagai macam gangguan penyakit lainnya.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah cabai. Cabai sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai salah satu obat yang dapat mengobati peradangan dan juga membantu dalam melancarkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar, tubuh akan lebih cepat bekerja dalam menganti sel-sel rusak dan membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Akan tetapi, sambal yang dikonsumsi harus sesuai batas normal ya dan jangan berlebihan, apalagi bagi Anda yang memiliki sensitif pada makanan pedas. Berikut ini ada beberapa manfaat sambal pedas untuk kesehatan, yaitu :

1. Membantu menjaga berat badan
Apakah Anda sedang diet? Jika iya, yuk konsumsi sambal atau makanan pedas. Di dalam sambal terdapat zat Capsaicin yang bermanfaar unruk dalam mempelancar metabolisme tubuh. Selain itu juga membantu tubuh dalam membakar kalori dengan cepat. Hal ini bisa terjadi karena senyawa ini dapat meningkatkan temperatur tubug dan meningkatkan detak jantung.

2. Menjaga kesehatan jantung
Cabai dalam sambal bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Sebuah penelitian menunjukan apabila kadar kolesterol jahat bisa mencegah oksidadi yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, juga berfungsi sangat efektif dalam melawan inflamasi.

3. Lancarkan sirkulasi darah
Makanan pedas dan sambal dapat melancarkan aliran darah dan juga bisa sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Bagi anda yang mempunyai riwayat hipertensi, maka bisa banyak mengonsumsi sambal. Selain itu, juga berfungsi untuk membantu di dalam menguatkan dinding pembulugh darah karena di dalamnya mengandung kandunga vitamin A dan vitamin C.

4. Sebagai anti kanker
Ada banyak penilitian yang menunjukan apabila mengonsumsi makanan pedas atau sambal dengan teratur bisa mengurangi resiko kanker. Capsaicin di dalam sambal akan berkerja dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mematikan sel kanker tanpa harus merusak sel sehat lainnya.

5. Menjaga fungsi pencernaan
Salah satu manfaat sambal adalalh untuk menjaga fungsi pencernaan. Caranya adalah dengan meningkatkan sirkulasi darah yang ada di perut dan lapisan mukus. Selain itu, juga membantu dalam membunuh bakteri H. Pylori yang menjadi penyebab gangguan maag.

6. Mengobati flu
Sambal akan membantu dalam mengeluarkan keringat dan menghilangkan semua gejala flu. Sambal juga akan membantu dalam membuka jalan napas dan mengurangi sinusitis.

7. Membuat tidur lebih nyenyak
Sebuah penelitian dari Austalua menemukan apabila orang yang rutin mengonsumsi sambal akan lebih mudah tidur nyenyak. Selain itu, ketika bangun di pagi hari mereka akan cenderung lebih segar dan bersemangat.

8. Menjaga mood
Sambal pedas berguna untuk meningkatkan Endorfin dan Serotin di dalam tubuh. Keduanya bisa menghilangkan rasa nyeris dan juga membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Sehingga mood Anda akan lebih terjaga dan tidka mudah stress dan depresi.

Leave a Comment