Tips Mengatur Biaya Pernikahan 2020

Menjalin ikatakan suci dengan sang kekasih idaman, menjadi sebuah momen membahagiakan yang akan dikenang seumur bagi sang calon pengantin. Hanya saja, sang calon pengantin umumnya akan dihantui oleh besaran biaya yang harus dikeluarkannya. Ditambah dengan isu yang beredar bila, biaya pernikahan 2020 kemungkinan bisa mencapai angka yang cukup fantastik. Agar lebih hemat, simak tips berikut.

Tips Mengatur Biaya Untuk Menikah Di Tahun 2020

1. Mengatur Jumlah Undangan Beserta Souvenir

Miliki bakat di bidang desain ? Tak ada salahnya untuk menyalurkan bakat tersebut untuk membuat undangan pernikahan sendiri. Selain hasil desain sesuai dengan keinginan, anda juga bisa menekan pengeluaran lantaran hanya membutuhkan dana untuk mencetak undangan saja. Pastikan bahwa orang yang masuk dalam daftar diundang, merupakan kerabat terdekat beserta keluarga besar dari kedua calon mempelai.

Pemilihan souvenir pernikahan, juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Apabila ingin menekan pengeluaran lebih banyak, silahkan mencoba untuk membuat souvenir sendiri. Terbuat dari aneka pernah pernik sederhana dan mudah dijangkau, anda hanya perlu menambahkan sedikit kreatifitas agar tampilannya tampak menarik. Contoh souvenir yang bisa menekan biaya pernikahan 2020 seperti lilin aromaterapi, tanaman hias, dan masih banyak lagi.

2. Sediakan Biaya Tak Terduga

Sebelum menikah, umumnya kedua calon mempelai menyiapkan dana hingga mencapai angka tertentu. Namun perlu diperhatikan bila, semua dana tersebut hendaknya tidak dihabiskan hanya untuk acara pernikahan semata. Pastikan ada dana sisa dari perkiraan biaya pernikahan, yang bisa disimpan apabila terjadi keadaan tak terduga. Selain itu, dana sisa tersebut bisa masuk menjadi dana ketika sudah menjalin hidup baru dengan pasangan.

Meski besaran dan yang dikeluarkan sesuai dengan budget, namun penting untuk membuat rincian serta rencana anggakan pernikahan sedetail mungkin. Hal ini sangat perlu dilakukan, sebab anda tentu tidak ingin dibayangi hutang usai melangsungkan pernikahan bukan ? Agar tidak terlilit hutang sebelum menikah, silahkan mengatur biaya pernikahan 2020 dengan detail. Daftar perencanaan tersebut, tentu akan sangat membantu sewaktu waktu dibutuhkan.

3. Biaya Busana Untuk Pernikahan

Dianjutkan untjk mendiskusikan terlebih dahulu dengan calon pasangan, ketika memilih busana yang akan dikenakan saat pernikahan berlangsung. Apabila ingin menekan pengeluaran, dianjurkan untuk menyewa daripada menjahit busana pernikahan. Namun tidak ada salahnya jika ingin mendesain busana pernikahan sendiri, dengan menggunkaan manik manik sedehana namun tetap terlihat elegan.

4. Tempat Serta Dekorasi

Pernikahan yang meriah dan membekas di ingatan, tidak selalu mewah dengan dekorasi yang begitu mempesona. Sebab anda masih bisa mendekor tempat pernikahan secara minimalis, namun tidak menghilangkan unsur elegan nan berkelas. Anda juga bisa memilh menikah di gedung indoor maupun outdoor, yang tentu sudah disesuaikan dengan budget. Cara ini bisa dibilang cukup efektif, agar biaya pernikahan 2020 tidak terlalu membengkak.

Tampaknya setiap calon pengantin, tak perlu merasa dihantui dengan besara biaya pernikahan yang harus dipersiapkan sejak dini. Sebab, sebenarnya menikah tersebut tidaklah mahal seperti yang dibayangkan selama ini. Yang membuat pernikahan membutuhkan dana besar, berasal dari rasa gengsi ataupun tidak membuat anggaran dana sebelumnya. Dengan mengikuti sedikit tips diatas, diharapkan dapat mengurangi rasa khawatir.

Leave a Comment