Pelajari Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Kebutuhan rumah tangga yang tidak ada batasnya, sedangkan pendapatan yang diperoleh terbatas, seringkali membuat kondisi keuangan tidak teratur. Padahal anda juga harus menyiapkan dana untuk masa depan, seperti biaya pendidikan anak. Belum lagi jika tiba tiba ada anggota keluarga yang sakit, sehingga harus melakukan perawatan di rumah sakit. Untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu menerapkan kunci sukses mengatur keuangan keluarga berikut ini.

Tips Sukses Mengelola Keuangan Keluarga

1. Mencatat Setiap Pengeluaran

Hal yang sering disepelekan yaitu mencatat setiap uang yang keluar dari dompet. Biasanya hal ini dikarenakan pengeluaran dengan jumlah yang sedikit, seperti biaya parkir atau uang jajan tambahan. Namun, pengeluaran tersebut akan menjadi banyak, apabila dijumlahkan dalam kurun waktu sebulan saja. Mentolerir pengeluaran kecil yang tidak terlalu penting, bisa menjadi salah satu penyebab pengeluaran membengkak, sehingga kondisi keuangan menjadi tidak stabil.

2. Menyusun Prioritas Tujuan Keuangan

Adanya prioritas tujuan keuangan akan membuat anda fokus untuk mewujudkan impian tersebut. Jangan sampai membuat prioritas tujuan keuangan yang terlalu banyak. Sebaiknya tetapkan satu tujuan terlebih dahulu. Jika berhasil mencapainya, maka anda bisa melanjutkan ke prioritas tujuan yang kedua. Tentunya tujuan tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dan pendapatan yang anda peroleh.

Prioritas pertama yaitu keamanan finansial. Kunci sukses mengatur keuangan keluarga diantaranya memastikan jika anda tidak memiliki utang, dan menyiapkan dana darurat. Apabila masih memiliki hutang, sebaiknya selesaikan terlebih dahulu hutang tersebut. Setelah keamanan finansial terpenuhi, maka anda tinggal mewujudkan prioritas yang kedua yaitu kenyamanan finansial, yang meliputi tujuan keuangan jangka menengah dan jangka panjang.

3. Membuat Perencanaan Keuangan

Setelah menyusun prioritas tujuan keuangan, maka langkah selanjutnya yaitu membuat perencanaan keuangan. Rencana keuangan menjadi jembatan bagi anda untuk mencapai tujuan keuangan. Sebagaimana jika anda memiliki tujuan keuangan yaitu membeli mobil, maka anda harus menerapkan beberapa perencanaan keuangan seperti memangkas pengeluaran yang tidak perlu, serta mencoba mencari peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Belajar Berinvestasi

Kunci sukses mengatur keuangan keluarga tidak bisa terlepas dari investasi. Selain menabung menjadi salah satu cara untuk menciptakan kondisi finansial yang baik, anda juga harus mempertimbangkan untuk berinvestasi. Pasalnya investasi dinilai lebih menguntungkan, karena anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Salah satu bentuk investasi yang menguntungkan yaitu memiliki properti.

Sebagaimana yang anda ketahui bahwa harga properti semakin lama akan semakin naik. Bahkan jika diperhitungkan, anda bisa mendapatkan uang yang lebih banyak jika properti tersebut di jual di masa yang akan datang. Namun, jika keuangan anda masih terbatas dan belum mampu berinvestasi dalam bentuk properti, maka anda bisa mencoba investasi seperti reksa dana.

5. Mereview Rencana Keuangan

Dalam menjalankan rencana keuangan, pastinya ada beberapa hal yang harus dikaji ulang. Apalagi jika tujuan keuangan belum bisa dicapai sesuai dengan rencana. Maka review ini harus dilakukan secara berkala, misalnya di akhir tahun. Anda harus merinci lagi berapa besar dana keuangan yang bisa anda anda tabung, dan semua utang utang anda sudah bisa terbayarkan. Kunci sukses mengatur keuangan keluarga dapat dilakukan dengan memperbaiki pengeluaran yang tidak perlu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kondisi keuangan yang stabil. Sebelum penghasilan yang anda peroleh habis tak bersisa, maka anda perlu menyusun anggaran rumah tangga. Dengan memprioritaskan pengeluaran yang penting, maka penghasilan dapat dimanfaatkan dengan baik. Baru penghasilan yang diperoleh ada sisa, maka anda bisa menggunakan untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak.

Leave a Comment