Penjelasan Asuransi All Risk Mobil

Untuk anda yang memiliki kendaraan mobil pribadi, ada baiknya jika mobil tersebut diasuransikan. Di Indonesia perusahaan asuransi mobil umunya menawarkan dua jenis, salah satunya asuransi all risk atau comprehensive. Lantas asuransi all risk mobil meliputi apa saja? Untuk anda yang ingin menggunakan asuransi jenis all risk tersebut, ada baiknya jika anda menyimak ulasan ini.

Pertanggungan Yang Termasuk Dalam Asuransi All Risk

Asuransi jenis all risk untuk mobil merupakan jenis asuransi yang menutupi semua kerugian yang dialami pemilik polis termasuk memberikan perlindungan secara lengkap terhadap kerusakan mobil yang telah diasuransikan. Kerusakan tersebut dapat disebabkan antara lain karena terjadinya tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian termasuk pencurian yang didahului atau dikuti tindak kekerasan.

Selain itu, asuransi jenis all risk tersebut juga menjamin perlindungan dari kebakaran, lecet karena penyebrangan laut, kerusakan pada roda kendaraan apabila mengakibatkan kerusakan karena kecelakaan. Dapat dikatakan dalam asuransi all risk mobil meliputi apa saja, hingga biaya biaya yang perlu dikeluarkan untuk menjaga atau mengangkut mobil yang mengalami kerusakan ke bengkel terdekat.

Pengecualian Dalam Polis Asuransi Jenis All Risk

Pada umumnya polis standar asuransi kendaraan bermotor yang berlaku di Indonesia mengatur sejumlah pengecualian dalam asuransi mobil. Pengecualian yang tertera tersebut berlaku ketika terjadi kerusakan atau kerugian mobil akibat kecelakaan, namun mobil tersebut digunakan untuk kursus menyetir. Maka, klaim atas kerusakan mobil tersebut tidak bisa ditanggung oleh asuransi mobil.

Selain itu, perusahaan asuransi untuk mobil juga tidak akan bertanggungjawab terhadap kerugian mobil yang dicuri oleh anggota keluarganya sendiri, termasuk saudara ataupun yang dicuri oleh orang yang tinggal serumah dengan si pemilik mobil. Jadi Intinya, perlindungan dari Asuransi all risk mobil meliputi apa saja, namun tidak untuk pengecualian yang ada dalam polis.

Premi dalam Asuransi Jenis All Risk Mobil

Asuransi jenis all risk memiliki premi yang lebih mahal dari pada asuransi TLO, hal tersebut karena risiko yang dijamin oleh asuransi jenis all risk lebih banyak. Bahkan, terdapat salah satu perusahaan asuransi mobil swasta yang menyatakan bahwa premi asuransi mobil dapat mencapai 1,05 hingga 4,2 persen dari harga pembelian mobil. Asuransi ini biasanya dibeli oleh pemilik mobil baru dengan harga yang relatif tinggi.

Hal tersebut karena mobil baru yang masih memiliki body mulus, lebih rentan terkena lecet. Selain itu perbaikan mobil yang memiliki harga mahal, biaya perbaikannya juga relatif besar. Sehingga pemilik lebih memilih menyerahkan biaya perbaikan akibat kecelakanan tersebut kepada perusahaan asuransi. Selain itu, premi asuransi all risk mobil meliputi apa saja termasuk adanya tambahan risiko akibat huru hara, banjir, dan kerusakan lainnya.

Tarif Premi Asuransi Jenis All Risk

Seperti yang tertulis pada Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan, yang menyatakan bahwa OJK sebagai lembaga regulator menetapkan tarif batas bawah dan batas atas untuk asuransi kendaraan bermotor. Tari tersebut dibedakan menjadi beberapa wilayah dan juga dibagi menjadi beberapa kategori yang sesuai dengan harga mobil.

Untuk anda yang memiliki kendaraan bermotor, tidak salah untuk diasuransikan. Sebab, kerugian pada kendaraan dapat terjadi kapanpun. Namun jika belum diasuransikan, ada baiknya untuk segera membelinya. Dan juga, ketika memilih asuransi kendaraan bermotor pastikan untuk memilih asuransi yang terbaik untuk kendaraan anda. Masih bingung ingin memilih asuransi apa? Mungkin asuransi jenis all risk ini cocok untuk kendaraan bermotor anda.

Leave a Comment