Empat Tantangan Bisnis Saat Pandemi

Semua orang mengalami kesulitan melakukan rutinitas kesehariannya semenjak munculnya Covid 19. Pandemi ini juga menjadi salah satu faktor yang menggoyangkan perekonomian dunia. Hal ini juga mempengaruhi kebanyakan pelaku bisnis. Berikut adalah 4 hal yang harus diwaspadai dan menjadi sebuah tantangan bisnis saat pandemi.

4 Hal yang menjadi Tantangan Bagi Pelaku Bisnis di Masa Pandemi

1. Pendapatan Bisnis Menurun

Seluruh pelaku bisnis mengeluhkan pendapatan mereka yang menurun. Hal ini terjadi karena banyaknya masyarakat yang terkena PHK atau pemutusan kontrak kerja. Fenomena ini mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap barang yang beredar dipasaran. Tentunya pendapatan masyarakat yang mengalami penurunan mempengaruhi pemasukan pelaku bisnis.
Tak hanya itu, pendapatan bisnis menurun juga disebabkan oleh kewaspadaan masyarakat terhadap penyebaran virus. Masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu bagi pemilik bisnis rumah makan dan toko offline maka hal ini menjadi masalah serius yang berujung pada penurunan kas.

Anda sebagai pelaku bisnis harus menyiasati hal tersebut. Anda dapat membuat terobosan baru seperti memasarkan produk anda secara online. Hal ini terbukti menjadi salah satu cara yang dapat anda tempuh untuk tetap mendapatkan pasar yang luas sehingga cara ini menjadi cara yang cukup baik untuk menjawab salah satu tantangan bisnis saat pandemi

2. Hambatan Rantai Pasok Barang dan Bahan Baku

Rantai pasok barang menjadi terhambat karena adanya pandemi. Social distancing dan penghambatan gerak masyarakat menjadi salah satu penyebabnya. Sering kali barang atau bahan baku usaha anda mengalami keterlambatan karena memang jumlah pekerja yang berkurang dan dengan pembatasan akses keluar masuk kota.

Hambatan rantai pasok juga terjadi apabila produk anda memerlukan produsen bahan baku dan mereka mengalami masalah internal akibat pandemi. Terkait dengan hal ini maka anda harus menanyakan kondisi dan kesanggupan mereka apakah mereka tetap bisa menyuplai bahan atau tidak. Jika memang terjadi masalah maka anda harus memikirkan jalan keluarnya.

Tak hanya itu salah satu hal yang menjadi hambatan adalah keluarnya kebijakan baru terkait dengan pembatasan akses keluar masuk wilayah. Pemerintah mengharuskan siapapun untuk keluar masuk wilayah dengan menggunakan hasil rapid test. Tentu hal ini menjadi tantangan bisnis saat pandemi yang harus dilalui oleh anda para pelaku bisnis.

3. Perubahan Keinginan Konsumen

Semenjak pandemi maka konsumen mengalami perubahan baik dari segi permintaan produk ataupun cara mereka membeli barang. Salah satu contohnya adalah perubahan permintaan produk masker. Produk masker yang awalnya tidak banyak peminat dan memang hanya digunakan oleh tenaga medis sekarang digunakan oleh masyarakat luas.

Anda harus jeli kebutuhan apa yang sebenarnya diinginkan masyarakat. Misalnya anda mengubah produk anda yang awalnya hanya menjual masker biasa sekarang menjadi masker dengan beragam model yang dapat disesuaikan dengan dresscode konsumen. Inovasi ini menjadi salah satu alternatif untuk menyiasati perubahan keinginan konsumen.

4. Kekhawatiran Pemilik Bisnis

Kekhawatiran pebisnis terhadap keberlangsungan usaha menjadi tantangan bisnis saat pandemi. Para pelaku bisnis akan merasa khawatir terhadap hal hal yang sebenarnya dapat mereka lalui. Bagi pebisnis yang memiliki kekhawatiran yang terlampau berlebihan malah akan menyebabkan usaha akan jalan di tempat atau bahkan mengalami kemunduran.

Demikianlah 4 tantangan yang muncul semenjak adanya pandemi. Seluruh tantangan ini tetap dapat diselesaikan apabila anda mampu terus berinovasi tanpa takut atau memiliki kekhawatiran yang berlebihan. Tak ada satu pekerjaan pun yang tanpa resiko, namun memang sebagai pebisnis banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Leave a Comment