Tips Belanja Bulanan Online yang Tidak Menguras Dompet Anda

Ibu rumah tangga memanglah harus pintar untuk mengatur dan mengalokasikan biaya belanja bulanan agar tetap hemat. Dengan memperkirakan anggaran belanja bulanan maka anda bisa mengatur kemampuan finansial secara teratur dan lebih jelas. Yuk simak tips menghemat belanja bulanan online agar kesehatan dompet tetap terjaga.

Tips Menghemat Biaya Belanja Bulanan

1. Membuat Catatan Rencana Belanja

Sebelum anda berbelanja ada baiknya anda membuat catatan rencana belanja terlebih dahulu. Pastikan jika semua catatan barang anda sudah tertulis dengan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini dilakukan agar saat anda memesan secara online bisa lebih tersusun dengan rapi. Selain itu catatan rencana belanja juga membantu untuk menekan keinginan anda karena anda tidak akan membeli barang yang tidak dicatat atau dibutuhkan.

2. Membedakan Belanja Harian, Mingguan dan Bulanan

Trik yang tak kalah penting dilakukan adalah memastikan anda membeli semua kebutuhan dan ketahanan harian, mingguan dan bulanan. Anda harus mulai membagi kebutuhan anda setiap harinya sehingga finansial anda akan tetap tercukupi. Untuk kebutuhan mingguan anda bisa membeli kebutuhan yang dibutuhkan selama satu minggu seperti telut, bumbu dapur, gallon air mie intans dan lain sebagainya.

Sementara itu untuk belanja bulanan online anda bisa membeli kebutuhan yang memiliki sifat tahan lama seperti beras, minyak goreng, terigu hingga kebutuhan mandi. Untuk belanja harian anda bisa membeli bahan bahan yang sifatnya tidak bisa tahan lama. Misalnya sayuran, roti, tempe, tahu, buah buahan atau lauk di luar rumah.

3. Berbelanja di Pasar Tradisional atau Agen Grosir

Ada beberapa aplikasi yang akan menyediakan pilihan tempat berbelanja saat anda membeli kebutuhan bulanan secara online. Anda bisa memilih untuk berbelanja di supermarket atau bahkan pasar tradisional. Sebaiknya anda memilih untuk membeli kebutuhan di pasar tradisional. Hal ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran anda karena harga di pasar dibandrol dengan harga miring. Bahkan beberapa pembeli akan melakukan tawar menawar.

4. Berbelanja di E-Commerce

Agar anda bisa menghemat biaya belanja bulanan online anda, cobalah mencari diskon besar besaran yang ada di beberapa e-commerce. Anda bisa membeli beberapa kebutuhan seperti keperluan rumah tangga, bahan pokok hingga sayuran segar. Setelah itu belanjaan anda akan diantar oleh jasa pelayanan antar barang atau juga melalui ojek online tergantung pilihan e-commerce anda.

Tidak hanya itu selain mudah dan praktis, anda juga bisa memanfaatkan diskon dan promo sale untuk berbelanja online. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu trik menghemat belanja bulanan. Harganya pun pasti jauh lebih murah ketimbang membeli langsung di supermarket. Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan ongkos kirim secara gratis yang sudah ditentukan oleh pihak e-commerce.

5. Lakukan Pengecekan Harga

Penting bagi anda untuk selalu melakukan perbandingan harga saat melakukan belanja secara online. Anda bisa membandingkan harga barang dan jenis barang yang sama namun berbeda merek. Apabila anda berbelanja di e-commerce penting bagi anda untuk membandingkan harga dengan e-commerce lain, serta pastikan terdapat diskon atau tidak. Belanja bulanan online pun akan semakin mengehmat kantong dan pengeluaran.

Itulah beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk membeli barang belanjaan secara online. Melakukan belanja secara online memang dinilai lebih mudah karena anda tidak perlu repot repot mengantri di pasar. Bahkan melakukan pembelanjaan online juga berpeluang untuk mendapatkan diskon besar besaran. Tentunya anda harus memanfaatkan momen tersebut demi kesehatan financial anda.

Leave a Comment