Tips Merawat AC Agar Awet

Produk AC sangat beragam jenisnya seperti AC inverter, AC standard, dan AC low watt sehingga ada baiknya sebelum membeli AC, anda mempertimbangkan terlebih dahulu jenis AC mana yang cocok untuk anda pakai. Jenis AC low watt bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang menginginkan AC dengan harga terjangkau atau lebih murah, untuk pemakaian jangka pendek, serta sering menyalakan dan mematikan AC. Selanjutnya jika memang sudah sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat mencari AC terbaik low watt yang sesuai dengan minat anda.

Setelah menentukan jenis AC yang tepat, rutin perawatan AC adalah hal yang harus dilakukan selanjutnya. Merawat AC tidak hanya untuk memastikan bahwa anda tinggal di rumah yang nyaman dan sejuk, tetapi juga sebisa mungkin berguna dalam membantu anda menghemat banyak uang untuk tagihan listrik dan biaya operasional. Berikut adalah 5 tips sederhana untuk merawat AC anda:

• Periksa kipas unit kondensor

Sesekali pertimbangkan mematikan daya unit pendingin udara anda dan melihat kipas yang dipasang di bagian atas unit kondensor luar untuk memastikan bahwa bagian tersebut masih dalam kondisi kinerja yang prima. Jika anda menemukan chip atau retakan yang terlihat pada bilah kipas, pastikan anda menggantinya dengan yang baru.

• Periksa termostat

Penting untuk selalu memeriksa termostat anda guna memastikan termostat berfungsi dengan baik dan menjaga suhu yang tepat di rumah anda. Sangat disarankan agar anda memutakhirkan ke model yang dapat diprogram jika termostat anda adalah tipe mekanis lama.

Dengan termostat yang dapat diprogram, anda dapat mengatur suhu tinggi ketika tidak ada orang di rumah dan kemudian mendinginkan rumah setengah jam sebelum orang menempati rumah lagi. Jaga AC saat melakukan ini. Ini akan menjaga rumah anda pada suhu yang baik dan suasana akan tepat jika termostat bekerja dengan baik. Jenis AC terbaik low watt lebih cocok digunakan untuk rutin memeriksa termostat.

• Bersihkan atau ganti saringan udara

Penting untuk membersihkan filter udara anda atau menggantinya dengan yang lain secara bulanan terutama di musim panas ketika anda sering menggunakan AC. Saringan udara akan sering terisi dengan debu, kotoran dan partikel kecil lainnya yang dapat membuat terjadinya penurunan aliran udara sehingga menyebabkan sistem bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Udara yang mengalir melalui sistem juga akan menjadi berdebu dan kotor sehingga dapat menyebabkan anda atau penghuni rumah anda berisiko terkena asma. Untuk menghindari hal ini, pastikan filter udara dibersihkan atau diganti secara teratur.

• Bersihkan unit luar

Kotoran akan menumpuk seiring berjalannya waktu di sekitar unit pendingin udara luar akan mengurangi fungsi kapasitas sistem serta mengurangi aliran udara sehingga penting untuk dibersihkan. Untuk melakukan ini, matikan daya unit, lalu dengan selang taman, cuci puing-puing dengan lembut. Pastikan bahwa anda juga memotong semak dan tanaman lain yang ada di sekitar AC anda untuk memungkinkan aliran udara yang tepat dari dan ke unit.

• Periksa komponen dan pengkabelan

Matikan daya AC dan kemudian lepaskan panel akses unit kondensasi. Selanjutnya periksa tanda-tanda overheating seperti isolasi yang meleleh pada kabel dan membakar kabel dengan tanda warna kabel menghitam. Periksa juga apakah sambungan listriknya kencang.

Lihatlah kapasitor unit menggunakan meteran uji listrik selanjutnya ganti sakelar kontaktor atau jika ada lubang berlebihan. Jika Anda melihat salah satu dari masalah ini dan tidak percaya diri atau cukup terampil untuk mengambil tindakan yang diperlukan sendiri, pertimbangkan untuk meminta seorang profesional agar melakukannya untuk anda.

Leave a Comment